Silahkan join grup telegram Muslim Travelers dengan klik logo dibawah ini

Blog

Cara mengecek kapan keberangkatan haji dengan cara menggunakan nomor

02 May 2017

Bagi Anda yang beragama Islam beribadah dan pergi ke tanah suci Mekkah adalah hal yang sangat diidam-idamkan, benar tidak? Hanya saja terkadang terkendala akomodasi biaya ataupun keterbatasan banyak sekali factor. Akan tetapi, kita masih bisa menabung untuk dapat pergi ke sana dan juga jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT untuk dimudahkan dan juga dilancarkan pada saat menjalankan ibadahnya demi melakukan mengerjakan rukun islam yang ke 5.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwasannya pada beberapa tahun yang lalu kuota haji di Negara kita Indonesia sempat di pangkas sebanyak 20% hal ini disebabkan oleh adanya proyek dalam hal perluasan masjidil haram, akan tetapi pada saat ini dengan kunjungan Raja Salman ke tanah air membawa dampat positif yaitu dengan penambahan lagi kouta haji yang tadinya hanya sebanyak 168.000 kini menjadi 210.000 jama'ah. Sebagai informasi untuk Anda semua bahwa pada saat ini Kementerian Agama telah mencatat terdapat kurang lebih sekitar 3 juta jama'ah haji yang masuk kedalam antrian haji. Hal ini dapat dilihat dan dipantau dari semakin banyaknya orang muslim ditanah air yang mendaftar untuk dapat pergi dan menunaikan ibadah Haji . Nah hal inilah yang akan timbul yakni diberlakukannya sistem nomor porsi Haji. Lau kini telah muncul sebuah pertanyan bagaimana cara mengecek keberangkatan berdasarkan nomor porsinya lalu apa itu nomor porsi haji?

1. Apa itu Nomor Porsi Haji?

Nomor porsi haji adalah semacam nomor antrian dalam hal keberangkatan ibadah haji, yang mana nomor antrian ini terdiri dari 10 digit angka yang mana diperoleh oleh calon jamaah haji yang telah melakukan setoran awal sebesar 25jt di Bank Penerima Setoran - Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS-BPIH). Dengan nomor porsi haji ini para calon jama’ah haji akan bisa mengecek kapankah perkiraan tahun akan keberangkatan ibadah hajinya tanpa perlu pergi ke Kantor Kemenag ataupun kantor terkait tapi lebih dimudahkan dengan cara mengeceknya secara online , namun juga bisa dilakukan pengecekan secara offline.

2. Apa sih manfaat jika kita telah mengetahui akan perkiraan tahun keberangkatan haji kita?

Manfaatnya adalah kita dapat mempersiapkan ibadah haji secara matang dan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang sebenarnya kita lakukan dan peruslit sendiri. Kita juga dapat melakukan seperti pelunasan BPIH, persiapan apa saja peralatan dan juga perlengkapan haji yang semestinya kita bawa ataupun persiapan dalam hal pemantapan ilmu-ilmu mengenai manasik haji yang baik dan benar serta mempersiapkan diri baik scara fisik maupun mental dan juga melakukan ibadah haji yang sesuai dengan yang disunnahkan oleh Baginda Besar Rasulullah saw.

3. Kapankah waktu yang tepat untuk mengecek perkiraan tahun keberangkatan haji?

Nah, ini yang paling Anda lakukan secara berkala dan terus menerus ada baiknya jikalau Anda mengecek secara teratur nomor porsi keberangkatan haji, karena memanglah perkiraan akan tahun keberangkatan haji dapat swaktu-waktu berubah dengan berbagai macam factor maupun alasan-alasan yang sepatutunya kita terima.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengecek nomor daftar tunggu keberangkatan haji, nah sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi sebab kali ini kita akan mengulas dan sedikit mebahas tentang cara mengeceknya:

  1. Pada saat Anda telah melakukan pembayaran dalam hal setoran awal haji yaitu sebesar sekitar Rp 25juta ke Bank Penerima Setoran - Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS-BPIH) maka Anda akan memperoleh semacam bukti setoran awal BPIH yang mana terdapat nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit angka .
  2. Untuk dapat mengetahui kapankan waktu perkiraan keberangkatan haji Anda maka Anda dapat mengaksesnya secara online yakni dengan mengunjungi situs http://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358 , jika telah berhasil lalu ketikkan nomor porsi haji yang Anda miliki pada kolom yang telah tersedia, lalu segera klik tombol CARI. Maka setelah itu akan tampak nama dan juga alamat yang Anda berikan serta perkiraan tahun kapan Anda akan berangkat haji serta total biaya akomodasi perjalanan haji dan juga perkiraan sisa pelunasannya.
  3. Jika dengan cara online dengan mengunjungi link diatas tidak dapat diakses atau tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, maka tidak usah khawatir sebab mungkin saja pada saat itu sedang dalam masa perbaikan online database yang dilakukan secara rutin oleh Kemenag, mak disarankan untuk Anda mengecek dan juga bisa langsung Kantor Kementerian Agama yang mana tempat Anda mendaftar haji.

Demikian lah sedikit mengenai info bagaimana cara mengecek akan kapan Anda akan berangkat haji yang sebagaiman telah mendaftar terlebih dahulu dan memperoleh nomor untuk diakses kapan saja untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan keberangkatan Anda, Semoga bermanfaat terima kasih telah membacanya.

(Rohani Syawaliah)